1.
Pengertian Belajar
Belajar
merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh pengetahuan
dan keterampilan. Belajar adalah proses mental yang tidak berdiri sendiri
tetapi ditentukan oleh banyak faktor yakni faktor diri sendiri, faktor di luar
diri serta faktor pendekatan belajar yang digunakan.
Perbuatan
belajar menghasilkan perubahan dan ciri khas yang bersifat:
Ø Ø Intensional (disengaja)
Ø Ø Positif dan aktif (bermanfaat dan
atas hasil usaha sendiri)
Ø Ø Efektif dan fungsional (berpengaruh
dan mendorong timbulnya perubahan baru)
Manifestasi
peeilaku belajar tampak dalam:
Ø v Kebiasaan
Ø v Keterampilan
Ø v Pengamatan
Ø v Berpikir asosiatif & daya ingat
Ø v Berpikir rasional & kritis
Ø v Sikap
Ø v Inhibisi (menghindari hal-hal yang
mubazir)
Belajar
efektif adalah cara belajar yang teratur, tuntas, secara berkesinambungan dan
produktif yakni menghasilkan kepandaian, pengetahuan, keterampilan, pembentukan
sikap mental dan intelektual yang baik serta bertanggung jawab.
Tujuan dari
belajar efektif ini adalah untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan, jika
siswa belajarnya tidak teratur, tidak tuntas, tidak terus menerus dan tidak
sungguh-sungguh baik di sekolah maupun di rumah maka bisa menyebabkan tidak
tercapainya sasaran belajar yang diharapkan dan bahkan sebaliknya.
Belajar
akan dikatakan efektif & efisien apabila hasil yang dicapai/diperoleh
seimbang dengan usaha yang dilakukan. Dalam belajar terdapat unsur rencana,
ketepatgunaan serta kemanjuran pendekatan dan metode belajar yang digunakan.
Berikut ini
ada 3 gaya belajar yang dikemukakan oleh Bobbi De Porter, dkk beserta
instrument untuk mengetahui gaya belajar anda, yaitu:
a.
Gaya Belajar Visual
Orang yang
memiliki gaya belajar ini mempunyai ketajaman daya melihat. Dengan indera mata
lebih memudahkannya dalam belajar, ia lebih nyaman belajar dengan warna-warni,
garis dan bentuk. Ia lebih suka membaca daripada dibacakan, mengingat dengan
gambar, memperhatikan segala sesuatunya dengan penampilan termasuk penampilan
catatan dan buku.
b.
Gaya Belajar Auditorial
Orang yang
memiliki gaya belajar ini lebih mudah belajar dengan mendengarkan. Ia berusaha
menggerakkan bibir saat membaca dan berbicara dengan pola berirama.
c.
Gaya Belajar Kinestetik
Orang yang
memiliki gaya belajar ini lebih gampang belajar dengan memvariasikan gerak dan
perasaan. Ia belajar dengan melakukan, menunjuk tulisan saat membaca,
menanggapi diikuti gerakan fisik, menyentuh teman, dan mengingat sambil
berjalan.
2.
Strategi Belajar Efektif & Efisien
Kebiasaan
belajar efektif bisa dikembangkan dengan berbagai cara dan membiasakan belajar
efektif ini bisa dilakukan oleh seseorang dengan cara-caranya tersendiri karena
hal ini bukan suatu kegiatan yang kaku, dalam arti hanya terpaku pada hal-hal
di bawah ini saja. Adapun cara-cara mengembangkan kebiasaan belajar efektif
adalah:
Di rumah:
Adapun
hal-hal yang bisa dilakukan di rumah dalam rangka mengembangkan kebiasaan
belajar efektif, antara lain:
·
Belajar sesuai jadwal waktu belajar
·
Mengulang pelajaran di rumah
·
Mengerjakan tugas-tugas atau PR
·
Melengkapi buku-buku pelajaran
·
Mengembangkan gemar membaca
·
Menata ruang belajar
·
Menjaga kesehatan
Di sekolah
Mengembangkan
kebiasaan belajar efektif di sekolah bisa dilakukan dengan cara:
v
Datang ke sekolah tepat waktu
v
Menyiapkan buku & alat tulis yang lengkap
v
Memusatkan perhatian & menekuni setiap materi pelajaran
v
Memberanikan diri untuk bertanya pada guru jika tidak jelas
v
Mengerjakan tugas-tugas
v
Memanfaatkan jam pelajaran kosong untuk belajar atau ke perpustakaan
Selain
hal-hal yang dikemukakan di atas, pertimbangkan juga prinsip-prinsip berikut
ini jika ingin belajar efektif dan efisien.
1.
Belajar memerlukan dorongan atau motivasi.
2.
belajar memerlukan pemusatan perhatian pada hal-hal yang sedang dipelajari.
3.
Berusaha untuk mengerti lebih dahulu sebelum dihafal.
4.
Sering mengulang hal-hal yang telah dipelajari.
5.
Yakinkan bahwa setiap pelajaran akan berguna nantinya.
6.
Setelah belajar perlu istirahat.
7.
Yakinkan bahwa hal-hal yang telah kita pelajari dapat dimanfaatkan untuk
mempelajari yang lain (transfer pengetahuan).
8.
Belajar dengan ekspresi (melakukan kembali dengan bahasa sendiri).
9.
Hindari hal-hal yang dapat mengganggu/menghambat dalam belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar